kakashi

Minggu, 04 Oktober 2009

Kecerdasan "Si Biru" vs Kecepatan "Si Merah"


Sabtu, 3/10/2009 16:27 WIB
LONDON, KOMPAS.com - Kecerdasan, itu yang ditekankan pelatih Chelsea, Carlo Ancelotti, kepada para pemainnya.

Setelah kalah dari Wigan Athletic, Ancelotti meminta pemainnya lebih cerdas dalam memainkan bola saat menjamu rival beratnya, Liverpool, Minggu (4/10).

Wajar jika dia mengatakan hal itu. Sebab, Liverpool bukan lawan ringan.

"The Reds" punya kecepatan plus organisasi yang rapi. Maka, "The Blues" harus bermain lebih kreatif jika ingin menaklukkan Steven Gerrard dkk.

Pengalaman musim lalu cukup menjadi pelajaran berharga. Chelsea dipaksa kalah dua kali di Premier League, baik tandang maupun kandang.

Apalagi, pertandingan ini akan sangat menentukan posisi keduanya. Chelsea sementara di urutan kedua dengan nilai 18 dan Liverpool menguntit di belakangnya dengan nilai 15.

Jika kalah, maka Chelsea akan tergeser.

Ini akan menjadi pertandingan berat bagi keduanya. Kapten Chelsea, John terry mengatakan, timnya tak pernah kalah secara beruntun. Setelah dikalahkan Wigan, mereka ingin bangkit.

Tentu, tak semudah mengulang tradisi. Sebab, yang dihadapi kali ini adalah Liverpool.

Mereka juga baru saja kalah dari Fiorentina di Liga Champions, sehingga tak ingin merasakan hal serupa.

Kondisi skuad Liverpool juga lebih menguntungkan. Memang, Yossi Benayoun, Javier Mascherano, dan Aquilani sedang cedera. Namun, bisa jadi pada saat pertandingan mereka bisa diturunkan, kecuali Aquilani yang lebih meragukan.

Sedangkan, di kubu Chelsea, kiper utama Petr Cech tak bisa tampil karena skorsing. Ashley Cole, Obi Mikel, Michael Ballack, Deco, Sturridge, dan Alex mengalami masalah stamina. Belum bisa dipastikan apakah mereka akan bisa diturunkan lawan Liverpool.

Sebab itu, Ancelotti menekankan timnya agar mampu menguasai permainan, tapi harus dilakukan dengan cerdas. Sehingga, mereka bisa meredam kecepatan Liverpool. Namun, Liverpool juga tak hanya cepat. Mereka juga sering tampil cerdas dan kreatif, terutama lini depannya yang makin berbahaya.

Kemenangan Liverpool 6-1 atas Hull City menjadi pelajaran tersendiri. Apalagi, enam gol "The Reds" tercipta dengan indah. Ini bisa menjadi teror buat Chelsea. (HPR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar