kakashi

Minggu, 04 Oktober 2009


Sabtu, 3 Oktober 2009 00:27 WIB
ESTORIL, KOMPAS.com - Musim depan, Ferrari memilih Fernando Alonso sebagai tandem Felipe Massa. "Scuderia" mendepak Kimi Raikkonen, meskipun pebalap Finlandia tersebut pernah menjadi juara dunia 2007, dan masih terikat kontrak sampai akhir musim 2010.

Mengapa Ferrari membuat keputusan yang mengejutkan ini? Valentino Rossi memberikan komentarnya. Juara enam kali MotoGP tersebut mengatakan, Raikkonen 'tidak sangat cepat' sejak menjadi juara dua tahun lalu, sehingga Ferrari memilih Alonso dan mempertahankan Massa.

Ya, awal pekan ini Ferrari telah mengumumkan bahwa mereka mengontrak Alonso (yang kini masih membela Renault) selama tiga tahun. Mantan juara dunia 2005 dan 2006 tersebut dinilai sangat cocok menjadi rekan setim Massa, yang sedang dalam proses pemulihan cedera tulang tengkorak akibat kecelakaan di kualifikasi GP Hongaria dua bulan lalu.

Rossi, yang sedang memimpin klasemen sementara MotoGP dan sangat berpeluang merengkuh gelar ketujuh kelas premier itu bersama Yamaha, yakin Ferrari telah membuat keputusan yang tepat.

"Saya tahu bahwa di Ferrari, mereka semua sangat senang dengan Alonso," ungkap Rossi, yang terus dihubung-hubungkan dengan Ferrari.

"Secara pribadi saya tidak mengenalnya; mungkin ke depan nanti saya akan memiliki kesempatan."

Ferrari, setelah (Michael) Schumacher pergi, berharap banyak kepada Raikkonen. Tetapi Kimi memiliki beberapa persoalan setelah tahun pertama--dia tidak terlalu cepat. Di dua tahun terakhir, terutama sebelum kecelakaan hebat menimpanya, Massa lebih kuat dari Raikkonen. Mungkin karena itu, Ferrari memutuskan untuk mempertahankan Massa--dan juga memberikan kesempatan lagi kepadanya setelah kecelakaan di Hungaria.


"Mereka membutuhkan pebalap top lain, dan Alonso adalah mantan dua kali juara dunia. Dia mengalahkan Michael di dua tahun terakhir kariernya, dan saya pikir di Italia, semua fans F1 sangat senang dengan Alonso dan Ferrari."

Rossi juga berharap, suatu saat nanti dirinya dan Alonso bisa mewujudkan rencana pertarungan mereka, baik di MotoGP, F1 dan reli mobil. Pasalnya, Rossi pernah menantang Alonso, tetapi pebalap Spanyol tersebut mengaku belum punya waktu.

"Ya itu benar," ungkap Rossi yang sudah mencatat 103 kemenangan sepanjang kariernya di MotoGP. "Saya ingin membuat taruhan dengan Alonso di MotoGP, F1 dan reli mobil--tetapi dia mengatakan belum punya waktu! Mungkin suatu saat nanti itu bisa terwujud...."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar